Keputusan Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor : 019/H/KP/2024 tentang Pedoman Penyelenggaraan Asesmen Nasional, jelas mengatur pelaksanaan Gladi Bersih dari Asesmen Nasional. Dalam Bab 3 dari regulasi ini dijelaskan bahwa Gladi bersih merupakan tahapan pelaksanaan kedua yang di dalam pelaksanaannya perlu disadari merupakan tahapan lanjutan dari simulasi, untuk memberikan kesempatan kepada Penyelenggara Tingkat Pusat, Pelaksana Tingkat Provinsi, Pelaksana Tingkat Kabupaten/Kota, Pelaksana Tingkat Satuan Pendidikan, dan Peserta untuk melaksanakan uji coba Asesmen Nasional. Untuk itu Gladi Bersih Asesmen Nasional SMP/Sederajad ini dilakukan secara serentak untuk satu nusantara, dengan jadwalnya: 2-3 September 2024 untuk gelombang 1 dan 4-5 September 2024 untuk gelombang 2. Untuk pelaksanaannya, setiap satuan pendidikan jenjang SMP/Sederajad dapat menggunakan moda online maupun semi online dalam menjalankan salah satu ini.
Beberapa alasan mengapa gladi bersih sangat penting:
1. Memastikan Kesiapan: Gladi bersih adalah cara terbaik untuk memastikan semua pihak yang terlibat, baik panitia maupun peserta, siap untuk kegiatan utama yaitu pelaksanaan Asesmen Nasional pada 9-10 September 2024 untuk peserta SMP/Sederajat gelombang 1 dan 11-12 September 2024 untuk peserta SMP/Sederajat gelombang 2.
2. Menemukan dan Memperbaiki Kesalahan: Melalui gladi bersih, kita bisa mengidentifikasi kesalahan kecil maupun besar dan mengantisipasi alternatif perbaikan yang mungkin terjadi selama acara berlangsung.
3. Menyesuaikan Waktu: Gladi bersih membantu mengatur waktu agar setiap segmen menuju pelaksanaan yang sesungguhnya berjalan sesuai jadwal.
4. Meningkatkan Koordinasi: Semua pihak bisa berlatih bekerja sama dan memahami peran masing-masing.
5. Menambah Kepercayaan Diri: Dengan gladi bersih, semua pihak akan merasa lebih percaya diri saat kegiatan yang sesungguhnya.
Intinya, gladi bersih adalah investasi waktu yang sangat berharga untuk memastikan keberhasilan sebuah kegiatan. Itu artinya Gladi Bersih itu dipandang penting.
Memperhatikan rentang waktu Gladi Bersih dan Pelaksanaan Asesmen Nasional itu tidak terlalu jauh, perkenankan kami mengajukan sebuah pertanyaan reflektif, "Sejauh mana penguasaan Subtansif dan Keterampilan Teknis Asesmen Nasional?
1: Beririsan Langsung pada Peserta Didik
* Potensi siswa: Gladi Asesmen Nasional ini menjadi ajang untuk mengukur sejauh mana peserta didik telah menguasai materi ( Literasi, Numerasi, Karakter dan Iklim kebinekaan) dan keterampilan yang dibutuhkan. Kendati hasil Gladi Bersih tidak diperlihatkan, paling tidak konsep-konsep yang soalnya diperkenalkan dalam kesempatan Gladi Bersih bisa menjadi acuan untuk memberikan peserta didik mencari tahu lebih banyak.
* Motivasi Peserta Didik
Gladi Bersih Asesmen Nasional bisa menjadi motivasi tambahan bagi peserta didik untuk belajar lebih giat.
* Pengalaman berharga: Gladi Bersih Asesmen Nasional adalah pengalaman berharga bagi peserta didik untuk terbiasa dengan format soal Asesmen Nasional yang sebenarnya. Ini akan membantu peserta didik mengurangi rasa cemas saat menghadapi Asesmen Nasional yang sesungguhnya.
Beririsan Langsung pada Pembelajaran
* Efektivitas pembelajaran: Hasil gladi Asesmen Nasional bisa menjadi evaluasi terhadap efektivitas metode pembelajaran yang telah diterapkan. Guru bisa menganalisis kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan untuk memperbaiki strategi pembelajaran.
* Pengembangan soal: Guru bisa memanfaatkan soal-soal Gladi bersih yang disampaikan oleh peserta didik untuk mengembangkan soal-soal latihan yang lebih variatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.
Beririsan Langsung pada Satuan Pendidikan
* Kesiapan sekolah: Gladi Bersih Asesmen Nasional bisa menjadi tolok ukur kesiapan sekolah dalam menghadapi Asesmen Nasional yang sesungguhnya. Sekolah bisa melakukan evaluasi terhadap koordinasi dan komunikasi, sarana dan prasarana yang dibutuhkan serta infrastruktur lainnya seperti ketersediaan listrik dan jaringan internet.
* Peningkatan mutu sekolah: Dengan menganalisis hasil Gladi Bersih Asesmen Nasional secara menyeluruh dan sekolah bisa melakukan perbaikan-perbaikan menuju pelaksanaan Asesmen Nasional yang sesungguhnya guna meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan yang terbaca dalam Rapor Pendidikan.
0 Komentar